Review Mesin Penetas Telur Unggas Otomatis

Review Mesin Penetas Telur Unggas Otomatis

Cara Kerja Mesin Penetas Telur

Review Mesin Penetas Telur Unggas Otomatis
Mesin Penetas Telur Unggas Otomatis

Apakah itu Mesin Penetas Telur? 

Mesin penetas telur yaitu satu alat bantu untuk membuat satu keadaan/lingkungan paling baik supaya sebutir telur dapat “dierami” (diinkubasi) yang selanjutnya telur dapat ditetaskan.

Peranan mesin ini juga akan menggantikan peranan seekor induk ketika mengerami telur-telurnya dengan alami.

Pada umumnya, mesin ini bukan sekedar dapat menetaskan telur-telur unggas saja, namun dapat pula dipakai untuk menetaskan telur-telur reptil (yang sebenarnya tidak sering dikerjakan).

Mesin ini mengakomodasi perkembangbiakan janin yang berada di dalam telur tanpa ada memerlukan hadirnya seekor induk untuk menghangatkan telur-telurnya.

Dengan spesial, untuk telur ayam juga akan menetas sesudah kurang lebih 21 hari, sedang telur unggas yang lain dapat memerlukan saat yang lebih singkat atau lebih lama.

Kenapa Memakai Alat Bantu Mesin Penetas? 

Mesin penetas dapat menetaskan banyak telur dalam satu saat serta semakin dapat dihandalkan akhirnya bila dibanding dengan induk ayam tersebut.

Saat Anda membiarkan seekor induk ayam mengerami telur-telurnya, jadi dia juga akan berhenti bertelur mulai sejak pertama kalinya dia “menduduki” telur hingga step dia merawat anak-anaknya.

Berarti, Anda juga akan kehilangan banyak potensi untuk memiliki anak-anak ayam baru yang dapat ditetaskan memakai Mesin Penetas.

Bila Anda selalu ambil telur-telur dari sarang induk ayam, jadi insyaallaah dia juga akan teratur bertelur yang nanti dapat Anda gunakan untuk ditetaskan didalam Mesin Penetas.

Seekor ayam betina dapat menetaskan sekitaran 20 – 30 ekor anak ayam tiap-tiap tahunnya. Dengan teori, bila Anda cuma memakai induk ayam itu untuk bertelur saja, lalu telur-telurnya ditetaskan didalam Mesin Penetas, jadi Anda begitu berkemungkinan untuk hasilkan sekitaran 300 anak ayam per tahunnya dari induk ayam yang sama.

Itu berarti efisiensinya bertambah begitu tinggi, nyaris 1000%.

Adakah argumen yang lain? 

Terkecuali karna pertimbangan menginginkan tingkatkan produktivitas telur serta hasil tetasannya, terdapat banyak argumen beda kenapa ditetapkan untuk memakai mesin penetas telur. Diantaranya :

Hindari ancaman pemangsa/predator yang dapat mencemoohkai induk ayam atau mengakibatkan kerusakan telur bila tetaplah lakukan pengeraman telur dengan alami.
Seseorang peternak menginginkan menetaskan telur-telur fertil yang baru dibelinya, walau demikian ketika itu tak ada satupun induk-induk ayamnya yang siap untuk mengerami.
Bagaimana Langkah Kerja Mesin Penetas Telur?
Satu mesin penetas telur didesain untuk dapat membuat lingkungan serta keadaan baik yang mirip/serupa dengan atmosfer sistem pengeraman yang dikerjakan oleh si induk dengan alami.

Atmosfer ini dapat terwujud karna desain langkah kerja mesin penetas telur di buat demikian rupa untuk mengatur empat aspek perlu yakni distribusi temperatur (suhu) pada ruangan inkubator ; kelembapan ruangan inkubator ; jumlah pemutaran telur ; serta ventilasi.

Distribusi Temperatur 

Stabilitas temperatur dapat diraih dengan memakai satu alat pengatur suhu yang dipasang didalam ruangan inkubator. Alat ini dimaksud Thermostat yang bekerja dengan automatis.

Deskripsi biasanya, thermostat ini juga akan menyalakan pemanas (lampu bohlam) untuk menambah suhu, serta mematikan pemanas untuk turunkan suhu. Pastinya untuk ketahui naik turunnya suhu, dipakai alat yang lain yakni thermometer.

Untuk ayam, suhu penetasan telur nya sekitar 38, 9ºC (102ºF). Sedang type unggas yang lain, dapat lebih tinggi atau lebih rendah.

Kelembapan Ruangan Inkubator 

Permukaan cangkang telur mempunyai pori-pori yang mempermudah keluar/masuknya air dari/kedalam telur. Semuanya telur, terbaik yang di inkubasi (dierami) atau tidak, dengan perlahan-lahan juga akan jadi kering.

Jumlah air yang keluar dari dalam telur sepanjang sistem inkubasi yaitu hal yang begitu perlu untuk di perhatikan. Jumlah ini ditetapkan oleh tingkat kelembapan didalam ruangan inkubator.

Tingkat kelembapan yang rendah juga akan mengakibatkan telur lebih cepat jadi kering bila dibanding dengan tingkat kelembapan yang lebih tinggi.

Kelembapan didalam ruangan inkubator didapat lewat cara memasukkan satu wadah yang diisi air.

Pemutaran Telur 

Pemutaran telur dilakukan untuk membolak-balik telur supaya distribusi temperatur di permukaan telur lebih rata. Maksud yang lain supaya embrio telur tidak melekat di permukaan sisi dalam cangkang telur.

Makin seringkali diputar, akhirnya akan makin terbaik. 


Pemutaran telur ini dapat dilakukan dalam tiga cara, bergantung tipe mesin penetas apa yang digunakan (Manual, Semi Otomatis, atau Full Otomatis).

1. Mesin Penetas Manual 


Tipe mesin penetas ini paling repot, Anda diwajibkan untuk membolak balik telur satu per satu dengan manual.

2. Mesin Penetas Semi Otomatis 


Tipe mesin ini sedikit lebih mudah, karena Anda cukup menarik/mendorong tuas yang akan memutar telur dengan berbarengan.

3. Mesin Penetas Full Otomatis 


Tipe ini paling sederhana karena sistem pemutaran telur dilakukan semua olen mesin otomatis.

Ventilasi Udara 
Hadirnya ventilasi begitu erat hubungannya dengan kelembapan. Jika kelembabannya sangat tinggi, jadi jumlah lubang ventilasi mesti diperbanyak.

Kesimpulan 
Ada empat faktor perlu yang butuh diperhatikan dalam menggunakan mesin penetas telur, yakni Temperatur, Kelembapan, Pemutaran Telur, dan Ventilasi Angin.

Semoga dengan mengerti cara kerja mesin penetas telur ini secara detail, Anda akan dapat menganalisa dan menangani persoalan sekitar sistem penetasan telur.

Contoh Mesin Penetas Telur Otomatis Kemampuan 1000 Telur 


Mesin Penetas Telur Agrowindo 
Agrowindo menyediakan mesin penetas telur unggas. Mesin tetas telur Agrowindo sekarang ini sudah banyak digunakan oleh para peternak, hobyes, dinas peternakan, dan pemerhati unggas

Peranan mesin penetas telor Agrowindo 
Peranan mesin tetas telor Agrowindo yaitu menetaskan bermacam telur unggas : ayam, bebek, pupuh, dan lain-lain. Sistem lama penetasan bergantung dari jenis unggas.

Buku Tips mesin Penetas Telur Agrowindo 
Setiap pembelian mesin penetas telur Agrowindo, kami siapkan GRATIS buku tips mesin tetas telur Agrowindo. Buku ini berisi cara efektif menetaskan telur dan instruksi bagaimana cara menetaskan telur dengan mesin Agrowindo

Kelebihan Mesin Penetas Telur ini : 


  • Pemutaran rack Otomatis. Rack berputar-putar otomatis setiap 3 jam (untuk tipe EM-50AT, 100 AT, 200 AT dan 250 AT) atau dapat disetting 1 jam, atau 2 jam, atau 3 jam atau 4 jam sekali (tipe EM-500AT dan EM-1000AT) 
  • Tingkat keberhasilan tinggi. Dengan ikuti tatacara yang benar, keberhasilan telur yang menetas dengan mesin penetas ini dapat diatas 90 persen. Dengan cara tradisionil biasanya di bawah 50 % 
  • Lebih Praktis. Mesin tetas telur ini Menggunakan system rack putar. Diperlengkapi dengan handle pemutar egg tray, hingga Anda dapat memutar telur dengan sekali putaran tanpa menyentuh telur. Banding dengan cara tradisionil dengan menggunakan tangan satu per satu 
  • Irit Daya. Cuma menggunakan listrik dengan daya rendah 
  • Model menarik. Desain mesin tetas telur mewah dan menarik 
  • Ada pemanas darurat. Jika setiap saat listrik padam, Anda dapat menggunakan lampu minyak tanah/lilin 
  • Kontrol suhu otomatis. menggunakan thermostat. 
  • Harga terjangkau. Dengan mesin dan semua fasilitasnya, mesin penetas telur ini harganya termasuk murah. 


Kapasiatas 1000 Telur 


  • Jenis : EM-1000AT 
  • Kemampuan : ± 1000 butir (tempat berdiri) 
  • Ukuran : 90x60x125 cm 
  • Daya listrik : sekitar 250 watt 220V 
  • Bahan : multipleks dan MDF (Medium density fiberboard) 
  • Rack berputar-putar Otomatis (± 80 derajat). Dapat disetting berputar-putar setiap 1 jam/2 jam/3 jam/4 jam sekali 
  • Harga : Rp. 9. 430. 000


Tags: cara membuat mesin tetas semi otomatis, harga mesin tetas full otomatis, cara kerja mesin penetas telur bebek, cara mengoperasikan mesin tetas otomatis, cara membuat mesin penetas telur otomatis, cara memutar telur dalam mesin penetas, posisi telur dalam mesin tetas, cara membuat mesin penetas telur full otomatis

Share this:

Newest Post
Disqus Comments