Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Tangguh

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Tangguh

Panduan atau cara perawatan ayam bangkok supaya tangguh. Sebenarnya tidaklah terlalu susah menjangkau ukuran ayam bangkok yang besar, cuma butuh sabar serta ulet dalam perawatan ayam bangkok dari sejak anakan.

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Agar Tangguh
Anak Ayam Bangkok
Beberapa panduan cara menjaga ayam bangkok tangguh pada artikel ini didasarkan pada pengalaman yang sempat diaplikasikan. Beberapa sekali lagi info dari rekan yang telah beternak sepanjang 20 th., yang sampai saat ini dia tetap masih jalan memakai indukan turunan dari awal mulai 20 th. kemarin. cara menjaga ayam bangkok itu meliputi perawatan mulai sejak anakan, pemberian pakan vitamin serta kalsium, dan mengkondisikan supaya makanan tidak terbuang sia-sia.

Cara Menjaga Ayam Bangkok 


Panduan pertama, indukannya mesti paling tidak satu tingkat dibawah ukuran 7 - 8. Untuk memiliki ukuran 8, indukannya mesti minimum memiliki ukuran 7, serta untuk memiliki ukuran 7 jadi indukannya minimum memiliki ukuran 6. Berarti, lewat cara menjaga ayam bangkok intensif biasanya didapat ukuran turunan ayam bangkok satu tingkat semakin besar dari indukanya.

Baca disini: Ciri Ayam Bangkok Super Yang Bagus

Panduan ke-2, mesti mengambil start semasa anak ayam masih tetap kecil. Semasa kecil usia 0 - 3 minggu perkembangan ayam mesti dimaksimalkan/digenjot. Perawatan ayam bangkok umur awal mesti intensif supaya cepat besar (mengambil start) serta tidak bisa sakit. Bila ayam kecil sakit, meskipun telah pulih diobati, tetaplah saja dibutuhkan saat 1 minggu masa pemulihan. Masa sakit serta masa pemulihan juga akan kurangi jatah masa perkembangan ayam, yang biasanya terbatas sampai 5, 5 bulan. Cara tinggal rawat didalam kotak kardus seperti anakan umur 3 minggu ayam bangkok.

Panduan ke-3, lanjutkan pemberian pakan pur murni serta vitamin paling tidak hingga usia 2 bulan atau bulu ayam di punggung serta leher mulai rontok serta bulu rawis pejantan mulai keluar. Bila menginginkan berhemat, sesudah usia dua bulan pur bisa digabung dengan dedak katul 4 : 1 . Atau buat sendiri pakan bergizi seperti pada artikel cara buat pakan ayam bangkok bergizi dari ampas teri serta katul.

Panduan ke-4, tunjang perkembangan ayam lewat perkembangan tulang. Perawatan ayam bangkok tangguh bukan sekedar membesarkan daging tubuh saja, karna tubuh yang besar oleh daging juga akan berkurang kembali waktu masuk masa latihan serta abar. caranya dengan memberi bahan makan berkalsium tinggi, atau segera dengan pemberian calk (kalsium). cara yang murah dan meriah seperti pada artikel menguatkan tulang ayam bangkok dengan batu kapur.

Ketahui juga: 8 Jenis Ayam Bangkok Terbaik Berdasarkan Warna

Panduan ke-5, mengatur keseimbangan pada tingkatkan nafsu makan, memberi pakan bergizi (protein tinggi) serta melindungi makan tidak terbuang sia-sia. Nafsu makan ayam mesti ditingkatkan terus-terusan hingga besar, caranya dengan pemberian vitamin (pada artikel multi vitamin untuk ayam bangkok aduan), atau mengkondisikan anak-anak ayam atau mengatur saat pemberian pakan hingga mereka sama-sama berebut memiliki makanan. Bila nafsu makan telah tinggi, jadi beri makan yang bergizi seperti pur atau makanan buatan sendiri yang berprotein tinggi.

Makanan mesti dijaga supaya tidak terbuang sia-sia. caranya, potong serta buang beberapa bulu ayam. Bulu ayam yang banyak juga akan menyedot makanan, hingga menyusut jatah untuk tubuh serta tulang. Ayam berumur 3 minggu, ujung sayapnya di potong supaya tidak tumbuh panjang. Bila ekor telah terlihat panjang juga dipotong pendek. Ayam yang berumur 2 bulan, atau mulai sejak bulu punggung serta leher rontok, jadi bulu punggungnya di cabut semuanya, termasuk juga beberapa leher serta beberapa pangkal paha serta bahu. Pembuangan beberapa bulu ayam juga untuk mempertebal kulit-kulit di bagian yang dicabut itu hingga lebih tidak tipis serta kebal.

Untuk metode pencabutan bulu didasarkan pada penilaian ayam mabung. Sudah banyak ayam mabung, kemudian ukuran tubuhnya lebih besar serta tulangnya lebih keras serta kuat.

Selanjutnya dengan kurangi pergerakan ayam. Makin banyak ayam bergerak makin banyak makanan (protein/karbohidrat) yang dibakar untuk daya gerak. Karenanya ayam kecil sampai muda berumur 5 - 6 bulan (hingga bulu rawis serta bulu leher tumbuh baru) mesti tetaplah di box. Cukup dilepaskan sehari-hari 1/2 jam, atau tiap-tiap sekian hari sekali sepanjang sebagian jam untuk kurangi kekakuan kaki serta sayap.

Panduan perawatan ayam bangkok diatas, telah cukup untuk buat ayam tumbuh besar. Penambahan beda yaitu memakai makanan bergizi dari buangan pabrik, seperti susu bubuk bekas (second), tepung ikan atau tepung udang. Susu bubuk bekas (second) di pengumpul bahan bekas (second) pabrik dijual murah Rp 5. 000 - Rp 8. 000/kg. Susu bubuk yaitu bahan makanan paling bergizi, jadi tidak salah susu diberi untuk bayi. Susu bubuk lebih terbaik dari tepung ikan, tepung udang, daging, daging ayam serta yang lain karna gampang diserap oleh pencernaan. Beri susu bubuk itu untuk kombinasi pakan ayam, terlebih yang masih tetap kecil.

Sebenarnya masih tetap ada satu panduan paling akhir, yang nyatanya dapat dibuktikan mujarab. Yakni beri ramuan obat tradisionil atau herbal terbaik pada kombinasi pakan atau dicekokin dengan berkala. Ini begitu ampuh tingkatkan ketahanan badan ayam bangkok dari anakan sampai dewasa, menghindari dari serangan penyakit simpel (pileks) sampai penyakit virus yang beresiko meskipun, serta yang tentu menaikkan nafsu makan serta semangat/gairah. Ini barusan dicoba dengan hasil memuaskan, namun belum juga dibuatkan artikelnya di website ini.

Sekian panduan cara menjaga anakan ayam bangkok supaya tangguh dan tumbuh besar 7 sampai 8 mudah-mudahan berguna untuk pengagum serta peternak ayam bangkok.

Share this:

Disqus Comments