-->

Cara Ternak Ayam Potong Yang Menguntungkan Dengan Baik Dan Benar

Cara Ternak Ayam Potong Yang Menguntungkan Dengan Baik Dan Benar

Cara Ternak Ayam Potong Yang Menguntungkan Dengan Baik Dan Benar Cara Ternak Ayam Potong Yang Menguntungkan Dengan Baik Dan Benar Untuk Pemula Dirumahan


Dengan mengetahui cara ternak ayam potong yang menguntungkan akan membuat bisnis Anda lebih menjanjikan. Dari hasil survei kebutuhan ayam potong terus meningkat di tiap tahun, seiring semakin bertambahnya jumlah konsumsi harian, restorant dan rumah makan baru.

Memulai Bisnis Ternak Ayam Yang Baik Dan Benar


Selain modal, kandang dan pakan ada banyak hal lagi untuk Anda ketahui agar usaha yang Anda jalankan sukses. Tujuan utama ternak ayam potong tentunya agar menguntungkan. Dan tanpa usaha, ilmu dan doa, keuntungan yang menjanjikan dan stabil tidak akan Anda dapat. Semoga dengan membaca artikel cara ternak ayam potong yang menguntungkan ini bisa membuka wawasan Anda dalam beternak.

Meski Anda pemula, mulai dari rumahan dan dengan modal kecil, agar bisa menguntungkan dalam jangka panjang maka harus bisa memanfaatkan peluang usaha ini sebaik baiknya. Karena meskipun jangka panen ternak ayam potong ini terbilang cepat sekitar 30 - 40 hari, jangan sampai ada kesalahan fatal yang bisa menutup peluang ini.

Tips Cara Ternak Ayam Potong Yang Menguntungkan


  • Perhitungan Modal Awal Ternak Ayam Potong


Cara Ternak Ayam Potong Yang Menguntungkan Dengan Baik Dan BenarPertama tentunya kita membutuhkan modal untuk ternak ayam potong. Berikut contoh perhitungan atau estimasi modal awal tetap dan tidak tetap. Tentu Anda sudah mengetahui perbedaan modal tetap dan tidak tetap dalam contoh tersebut.


Untuk bisa menjalankan usaha ternak ayam, kita tidak bisa asal-asalan. Karena jika ada kegagalan, bisa dibilang harus mulai dari awal. Entah akibatnya pertumbuhan ayam menjadi lambat atau bahkan mati. Dan jika 2 hal tersebut terjadi, tidak mungkin untuk diperbaiki. Bisanya harus mulai dari awal dengan bibit yang baru, dan yang harus diperbaiki adalah cara ternak ayam potong yang menguntungkan dengan benar.


  • Lokasi Kandang

Selain Modal, Kandang juga hal terpenting pertama yang harus banyak diperhitungkan. Mulai dari pemilihan lokasi yang aman untuk masyarakat sekitar dan ayam potong itu sendiri. Luas kandang ayam perlu diperhitungkan karena dapat mempengaruhi bisnis Anda ke depannya. Jangan sampai membuat kandang yang luas tapi bibit ayamnya cuma sedikit dan sebaliknya. Dengan begitu perputaran modal akan efisien.

Pertimbangkan penggunaan tipe kandang ayam potong Anda. Tipe panggung akan cenderung lebih bersih, tapi pembuatan kandang lebih rumit. Tapi untuk tipe melantai perawatannya yang cenderung lebih rumit.

Step selanjutnya adalah memperhatikan kondisi kandang. Seperti yang telah disebut diatas, ditambah dengan keperluan sumber air, serta akses jalan masuk dan kelancaran suhu udara. Sirkulasi udara kandang yang baik akan mempermudah untuk mencukupi suhu sesuai dengan usia ayam ternakan.


  1. Suhu untuk usia ayam potong 1-7 hari 34-32 derajat celcius
  2. 8-14 hari, 29-27 derajat celcius
  3. 15-21 hari, 26-25 derajat celcius
  4. 21-28 hari, 24-23 derajat celcius
  5. 29-35 hari, 23-21 derajat celcius



  • Pemilihan Bibit

Cara ternak ayam potong yang menguntungkan selanjutnya adalah pemilihan bibit yang baik dan benar. Menghasilkan ayam potong unggul memberi Anda keuntungan lebih, dan hal ini tidak bisa lepas dari pemilihan bibit ayam potong yang di beli.

Cara memilih bibit unggul carilah yang tubuhnya bulat, mata jernih, lincah, anus dan hidung bersih, tanpa cacat pada bulunya sekalipun. Harga jual bibit ayam potong biasanya dihitung 100 ekor /box.


  • Pakan Ayam Potong

Rasanya bibit unggul tidak akan mampu menghasilkan ternakan yang bagus, jika tidak ditunjang dengan pakan ayam yang berkualitas. Untuk pertumbuhan yang baik mereka membutuhkan gizi dan nutrisi yang cukup.

Keberhasilan cara ternak ayam potong yang menguntungkan ini sangat dipengaruhi oleh pakan. Semakin baik pemberian pakan dan yang diberikan berkualitas, maka hasil panen Anda juga akan berkualitas bagus.


  • Vaksin Untuk Ayam Potong

Beternak ayam potong jangan lupa akan pentingnya pemberian vaksin. Vaksin hanya diberikan saat umur 4-5 hari dan umur 21 hari atau. Pemberian vaksin ayam pertama melalui tetes mata, kedua dengan suntikan pada bagian dadanya.

Pemeliharaan Ayam Potong

Dalam menjalankan bisnis apapun sering kali ada babak tambahan. Yakni berupa hal yang berjalan diluar rencana, meski semua sudah Anda praktekan dengan baik dan benar. Tapi jangan patah semangat, selau mengawasi kondisi, perkembangan dan pertumbuhan ayam ternak Anda agar bisa segera mudah teratasi.


Contoh paling umum adalalah kondisi bibit ayam yang baru diterima, kelelahan di perjalanan membuatnya lemas. Dan untuk mengatasi masalah ini bisa dengan pemberian vitamin agar cepat kembali fit.

Siapkan koran atau karton untuk pemberian pakan di permukaan lantai, lakukan pengantian /3 hari, bisa juga saat sudah basah dan lembab.

Pantau terus suhu kandang sambil memperhatikan tingkah laku si ayam. Saat merasa dingin umunya mereka lebih suka bergerombol, dan saat merasa panas cenderung menjauh dari lampu di kandang ayam. Jika menemukan ada yang sakit segera pisahkan untuk mencegah penularan, jangan lupa pemberian vaksin.


Sukses dengan cara ternak ayam potong yang menguntungkan ini adalah harapan kami kepada Anda. Semoga beberapa hal diatas bisa menjadi awal dan jalan untuk memulai bisnis ternak ayam potong. Salam konsisten dan gigih untuk keberhasilan usaha Anda di masa depan.

Share this: