Tips Pemilihan Babon Unggul Untuk Budidaya Ayam Bangkok

Tips Pemilihan Babon Unggul Untuk Budidaya Ayam Bangkok

Menguasai cara memilih babon amat penting, sebelum mulai menjalankan usaha budidaya Ayam bangkok. Sebagai gambaran, di bawah ini yaitu analisis usaha budidaya ayam bangkok untuk anda yang memiliki gagasan untuk pelihara ayam bangkok. Mudah-mudahan analisis ini berguna untuk anda hingga dari analisis ini dapat memberi penambahan income buat anda.

Tips Pemilihan Babon Unggul Untuk Budidaya Ayam Bangkok
Usaha Budidaya Ayam Bangkok

Analisis Usaha budidaya Ayam Bangkok


System Umbaran Serta Kurungan

(5 betina serta 3 Jantan) Sepanjang 1 tahun

I. Investasi


Tempat Rp –
Box Rp 75. 000, -
3 Induk Pejantan @3 juta Rp 900. 000, -
5 Induk Betina @2 juta Rp 1. 000. 000, -
Keseluruhan Rp 1. 975. 000, -

II. Cost Operasional dalam 12 Bulan


Pakan Komplit Rp 750. 000, -
Vitamin serta Mpon-mpon Rp 75. 000, -
Lain-lain Rp 50 000, -
Keseluruhan Rp 875. 000, -

III. Omset


Satu indukan betina bertelur sejumlah 6 kali dalam setahun, di mana estimasi cuma sekitaran 7 yang menetas dalam sekali pengeraman.
5 betina x 6 x 7 = 210 anak.
210 anakan x 75. 000 = Rp. 15, 750 juta
Jadi omset dalam setahun yaitu Rp 15. 750. 000

Note :



  1. Demikian menetas, anak ayam segera di ambil serta diletakkan dalam kotak spesial.
  2. Supaya produktif, ayam dapat di beri ramuan tradisionil atau di beri makanan suplemen yang
  3. mempunyai kandungan protein tinggi seperti cacing. Cacing ini dapat dijadikan
  4. suplemen pakan untuk ayam supaya gampang birahi.
  5. Ayam dapat juga seringkali dimandikan supaya badan ayam terbangun kebersihan serta tidak
  6. mudah terserang penyakit.


Ketidaksamaan Babon Unggul serta Babon Cetak Ayam Bangkok


usaha budidaya ayam jago bangkok
Ketidaksamaan Babon Unggul serta Babon Bikin, untuk penghobi breeding ayam bangkok. Mengerti langkah pilih indukan ayam yang terbaik yaitu harus. Seekor babon, yaitu mesin paling utama dalam satu peternakan, serta spesial untuk masalah breeding, seringkali bertindak lebih ‘penting’ dari pada jago.

Pilih babon yang terbaik yaitu tidak gampang, serta lebih susah dari pada pilih jago yang terbaik. Seekor jago dapat diambil dengan lihat langkah bertandingnya hadapi beragam type lawan, namun seekor babon yang terbaik kurang sekian. Dalam perindukan ayam, di kenal dua type babon istimewa yakni babon unggul serta babon bikin.

Babon unggul yaitu babon pilihan, mempunyai silsilah perindukan yang terbaik, susunan tulang yang bagus, bentuk tubuh baik (seperti botol) serta tunjukkan tehnik bertanding yang terbaik. Babon ini harus juga mempunyai sifat menguasai pada keturunan, hingga anak-anak yang dihasikan relatif juga akan mewarisi keunggulan induknya. Bahkan juga saat dikawinkan dengan jago yang kurang baguspun, anak yang dibuat juga akan relatif turut induk serta semakin bagus dari bapaknya. Babon unggul umumnya datang dari galur murni.

Babon bikin yaitu babon yang miliki kecenderungan resesif dalam keturunan. Anak yang dibuat juga akan relatif serupa atau foto copy dengan bapaknya. Seekor babon bikin yang terbaik, mesti hasilkan anak yang buruk saat jagonya buruk. Demikian sebaliknya mesti hasilkan anak bagus saat jagonya bagus. Bila babon bikin dikawinkan dengan ayam jago bangkok buruk serta anaknya bagus, jadi ia gugur dalam persyaratan babon bikin serta harga nya turun.

Babon bikin dapat bikin fisik bikin tehnik, atau bikin semua. Untuk uji bikin fisik yaitu dengan mengawinkan berlainan bulu atau bentuk jengger yang lain. Seekor babon bikin berwarna hitam mesti hasilkan anak berwarna putih saat jagonya putih. Bila dikawinkan dengan ayam katai  jadi anaknyapun mesti kecil-kecil. Dan uji bikin tehnik mesti dikawinkan dengan jago berteknik buruk lantas dengan jago berteknik bagus. Seekor babon yang bikin prima harga babon nya dapat sangat mahal serta tidak realistis. Babon bikin dapat datang dari galur murni (BK) ataupun kombinasi (F1 ataupun F2) atau turunan yang telah jauh.

Share this:

Disqus Comments